Harga Lobster Indonesia Terus Melambung

Harga Lobster Indonesia
Indonesia dikatakan sebagai salah satunya negara pengekspor lobster paling besar. Ini sebab daerah perairan Indonesia dikuasai oleh terumbu karang yang disebut habitat terhebat untuk bermacam tipe lobster.

Ahli crustacea Pusat Riset Oseanografi Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rianta Pratiwi menjelaskan, sekarang harga Slot Online Terpercaya lobster bertambah salah satunya harga lobster Mutiara capai Rp 1,5 juta per kg yang awalnya Rp 900 ribu per kg.

“Sampai sekarang ini 2020 harga lobster ada yang turun ada pula yang bertambah, seperti lobster bambu umumnya dipasarkan Rp 750 ribu per kg tapi belakangan ini Rp 1,2 juta, lobster batik umumnya Rp 800 ribu kg jadi Rp 900 ribu, dan lobster mutiara termahal apa lagi jika ada moment-event spesifik seperti Imlek, Natal dan yang lain,” kata Rianta dalam Sapa Medium #6 dengan topik Pahami Kekuatan Lobster dari Sudut pandang Kelautan dan Sosial, Senin (30/11/2020).

Sesaat untuk harga lobster pasir alami pengurangan dari sebelumnya Rp 700 ribu per kg jadi Rp 390 ribu per kg.

Hal yang memengaruhi harga lobster alami peningkatan, sebab market share lobster bukan hanya dalam negeri dan juga di luar negeri, sebab kekuatan lobster yang memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Sambungnya, kehadiran lobster yang melimpah di perairan tropis jadikan hewan ini dicari dan diamankan dalam skala besar untuk penuhi keperluan pasar.

Karena lobster jadi komoditas ekonomis penting untuk konsumsi lokal dan export. Pemenuhan kebutuhan pasar yang tinggi menggerakkan kenaikan usaha penangkapan lobster dari alam.

Kata Rianta, perikanan bidang ekonomi adalah salah satunya rutinitas yang memberi andil kesejahteraan pada warga nelayan.

Berdasar penilaian dan interviu dengan nelayan dan pengepul lobster di pulau Weh, Sabang. Factor yang paling punya pengaruh dalam aktivitas penangkapan lobster ialah harga yang semakin tinggi dibanding dengan komoditas perikanan yang lain.

“Harga lobster dikuasai oleh mutunya,” katanya.

Tentang hal Indonesia memiliki 7 tipe lobster, yakni lobster pasir (Panulirus homarus), lobster batik (Panulirus longipes), Lobster batu (Panulirus penicillatus), lobster Pakistan (Panulirus polyphagus), lobster Mutiara (Panulirus ornatus), lobster Bambu (Panulirus versicolor), dan Lobster Batik (Panulirus femoristriga).

Tetapi, Rianta menjelaskan lobster yang mempunyai nilai jual tinggi ialah lobster Mutiara, lobster bambu, lobster batik dan lobster pasir.

Awalnya, Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan teror ambil benur (benih lobster). Dari alam untuk dibudidayakan dapat membuat menyusutnya plasma lutfah di alam. Hingga pemerintahan perlu membuat batas spesifik untuk ambil benur dari alam.

“Harus diberi batas untuk pengungkapannya (benur),” kata Periset Pusat Riset Oseanografi LIPI, Rianta Pratiwi, dalam SAPA MEDIA bertopik Pahami Kekuatan Lobster dari Sudut pandang Kelautan dan Sosial secara virtual, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Perairan tempat diamankannya benur kata Rianta mempunyai daya bantu yang terbatas. Hingga tidak bisa menjaga seluruh benur yang ada.

Tragisnya, bermacam tipe makanan lobster dipanen manusia. Mengakibatkan makanan yang ada untuk lobster di alam menyusut.

“Bukan hanya diambil lobsternya, dan juga makanan lobster diambil manusia,” katanya Rianta.

Babak hidup lobster termasuk kompleks dengan 4 babak yakni reproduksi/perkembangbiakan, larva filosoma, lobster muda (puerulus), dan lobster dewasa. Pada babak puerulus dan juvenil jadi teror yang paling serius. Untuk keberlanjutan usaha secara ekonomi untuk nelayan untuk periode panjang dengan kelestarian sumberdaya lobster di alam.

“Ambil lobster dengan tidak ramah lingkungan akan menghancurkan terumbu karang selaku habitat lobster,” kata Rianta.

Karena itu, LIPI merekomendasikan, ambil lobster harus sesuai ketentuan pengaturan dan limitasi ambil.

Menteri KKP Edhy Prabowo sah mengambil larangan export benih lobster yang sempat dibikin Susi Pudjiastuti tahun 2016. Dalam prakteknya ada banyak persyaratan yang penting disanggupi exportir.